Cara untuk Menghargai Waktu

deadline-batas-waktu-e1368400894629Setiap manusia hidup di atas ruang bernama bumi, dalam durasi waktu bernama masa hidup. Karena itu sungguh setiap kita adalah pengguna waktu. Tiada satu detik pun yang berlalu dari hadapan kita, dapat kita kembalikan. Maka kesadaran bahwa waktu sangat berharga, sungguh penting untuk selalu kita lekatkan dalam benak kita.

Waktu sebagai aset utama manusia, kadang juga berperilaku seperti seorang wasit. Cara Anda menggunakan waktu Anda, menentukan standar hidup Anda. Kita bisa dengan mudah menemukan 2 pribadi yang hidup dalam jumlah usia yang sama, tapi dipisahkan oleh jarak prestasi yang jauh berbeda. Pribadi yang satu berprestasi di atas rata-rata, melebihi lainnya. 

Wajar jika lama usia hidup kita, tidak lebih penting dari penggunaan waktu kita secara: efektif, produktif, dan kontributif.

Mulai saat ini, berfokuslah untuk menyelesaikan aktivitas yang hanya memberikan kontribusi tertinggi bagi hidup Anda. Mulailah setiap hari dengan sebuah daftar. Anda tahu, waktu terbaik untuk membuat daftar pekerjaan adalah malam hari sebelumnya. Tulislah setiap hal yang harus Anda selesaikan keesokan hari. Ingat: Jangan pernah bekerja tanpa daftar.

Untuk mempermudah kita berlatih kebiasaan efektif harian, di bawah ini 7 kiat praktis yang saya sarikan dari konsultan ternama dunia, Ivy Lee.

#1 Tulislah 5 pekerjaan yang paling menentukan kesuksesan hidup Anda bila Anda bisa menyelesaikan pekerjaan itu, hari ini juga. Tidak peduli seberat apa pun pekerjaan itu.

#2 Urutkan dan beri nomer kelima pekerjaan itu dari atas ke bawah, berdasarkan dampak dan prioritas yang ditimbulkannya bagi kemajuan hidup Anda.

#3 Begitu Anda sampai di lokasi kerja esok hari, segera ambil daftar itu dan kerjakan pekerjaan pertama. Fokuskan perhatian dan energi yang Anda miliki untuk dapat menyelesaikannya sebaik dan secepat mungkin. Usahakan Anda tidak terganggu oleh interupsi (jadwal meeting, telepon, sms, email) yang tidak penting -yang hanya akan mengganggu konsentrasi dan energi Anda. Mintalah bantuan sekretaris atau orang kepercayaan Anda untuk mengatur hal tersebut.

#4 Jangan pernah mengerjakan pekerjaan berikutnya sebelum pekerjaan sebelumnya selesai, bahkan jika pekerjaan tersebut menyita waktu Anda seharian, seminggu penuh, atau bahkan lebih. Oh iya, Anda dapat menggunakan semua sumber daya yang ada, untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan itu secepatnya.

#5 Setelah pekerjaan dengan prioritas pertama selesai, kerjakan pekerjaan kedua dengan pola kerja yang sama. Dan ulangi terus sampai 5 pekerjaan itu betul-betul dapat Anda selesaikan secepatnya.

#6 Setiap kali Anda selesai melakukan daftar pekerjaan tersebut, segera masukkan 5 pekerjaan terpenting berikutnya bagi hidup Anda sebagai PR baru Anda keesokan harinya.

#7 Mintalah semua orang di posisi kunci dalam lingkungan terdekat Anda (karier, keluarga) untuk melakukan hal serupa.

Inti dari pelajaran ini ialah memfokuskan energi terkuat Anda untuk tantangan terbesar dalam hidup, setiap hari.

Ketika satu tantangan terbesar dapat Anda selesaikan secepat mungkin, maka satu penghalang terbesar bagi kemajuan hidup Anda akan segera lenyap. Dengannya, Anda dapat naik kelas sesegera mungkin. Semoga!

Sumber Artikel: Fimadani.com

Sumber Gambar: riopurboyo.com

Leave a Reply